Kamis, 16 Juni 2011

blackberry dan teknologinya

Custom Search
Web
 
 
 

BlackBerry dan Teknologinya

BlackBerry TorchBerbagai kemajuan teknologi yang tersedia saat ini telah memungkinkan siapa saja untuk mencari informasi apa pun, kapan pun dan di mana pun is beracla menggunakan smartphone.
Tidak sedikit smartphone yang dijual saat ini sudah dapat dapat terhubung dengan Internet tanpa putus satu, dua, bahkan lebih hari karena manajemen daya yang semakin efektif dan kapasitas baterai yang semakin meningkat. Tentunya, di sini kita berbicara mengenai smartphone yang sedang naik daun di Indonesia: BlackBerry.

Layanan BlackBerry

Tidak seperti smartphone lain yang dapat memanfaatkan jaringan data operator untuk akses email, chatting, dan browsing, pengguna handset BlackBerry perlu berlangganan layanan BlackBerry untuk menggunakan push email, chatting, dan Internet browsing.
Operator seluler yang dipilih hanya bertindak sebagai perantara akhir antara pengguna layanan BlackBerry dengan server RIM di Kanada. Semua data yang mengalir via APN (Access Point Name) BlackBerry terkompresi dan terenkripsi dari mana pun kamu menggunakan BlackBerry sampai ke Kanada.
Teknologi ini memungkinkan RIM untuk menghadirkan layanan yang cepat dan dapat diandalkan via jaringan data seluler bandwidth rendah (seperti GPRS) dan mengalihkan aliran data via transmisi lain (seperti WiFi) apahila diperlukan.
Saat buku ini dicetak, baru tiga operator yang menyelenggarakan layanan BlackBerry di Indonesia. Ketiga operator tersebut acialah Inciosat, Telkomsel, dan XL. Layanan BlackBerry sendiri dibagi dua: BlackBerry Internet Service untuk perorangan, dan BlackBerry Enterprise Server untuk perusahaan.
Tidak tertutup kemungkinan operator lain (baik itu operator GSM atau operator CDMA) juga akan menyusul menyelenggarakan layanan BlackBerry.
BlackBerry Internet Service
Untuk kalangan pengguna pribadi dan perusahaan kecil, RIM memiliki layanan BlackBerry Internet Service (BIS) yang memberikan akses ke10 alamat push email, chatting via Yahoo Messenger, Live Messenger, Google Talk, dan BlackBerry Messenger serta browsing.
Di Indonesia, ketiga operator seluler yang menyelenggarakan layanan BlackBerry memberikan akses data unlimited untuk layanan BIS. Layanan ini ditawarkan dengan harga rata-rata Rp. 170.000,- per bulan. Beberapa operator juga menyelenggarakan layanan BIS mingguan atau bahkan harian. Selengkapnya, saya bahas di bab Memilih Operator BlackBerry di Indonesia.
BlackBerry Enterprise Server
Untuk kalangan perusahaan besar yang merupakan sebagian besar dari pelanggan BlackBerry, RIM memiliki layanan BlackBerry Enterprise Server (BES). Dengan BES, sebuah perusahaan secara literal dapat mendikte hampir semua pengaturan handset BlackBerry karyawannya.
Kebebasan pengaturan yang dapat dilakukan dimulai dari pemblokiran akses terhadap aplikasi tertentu (misalkan chatting), pembatasan fungsi telepon, SMS, email sampai pengaturan wallpaper yang digunakan oleh BlackBerry karyawan.
Push Email vs Pull Email
Tidak seperti kebanyakan handset lain yang memiliki fitur email, sebuah handset BlackBerry yang dipadukan dengan layanan BlackBerry memiliki fitur “push email”.
Berbeda dengan layanan email biasa, layanan push email menjanjikan email yang dikirimkan dan diterima secepat pengiriman dan penerimaan SMS. Pada layanan BlackBerry, hal ini dimungkinkan karena sebuah handset BlackBerry hanya berperan sebagai sebuah mirror akan data-data email yang diterima oleh server BlackBerry.
Data akan diambil “seperlunya” – oleh sebab itu email yang berisikan attachment besar pun dapat diterima sama cepatnya karena pengambilan data “dicicil”.
BlackBerry “Gado-Gado”
Bukanlah tidak mungkin untuk menggunakan server BlackBerry yang dimiliki oleh operator (sebagai contoh) XL dan berlangganan layanan BlackBerry dari operator lain (sebagai contoh) Telkomsel. Hal ini dimungkinkan karena apa pun operator yang kamu gunakan untuk menggunakan layanan BIS, semuanya bermuara di server BlackBerry di Kanada.
Saya sendiri menggunakan server BlackBerry Indosat, walaupun kesehariannya berlangganan layanan BlackBerry dari operator Australia Opals. Dengan kemampuan untuk “digado-gado”, saya dapat kembali menggunakan simcard Indosat ketika kembali ke Indonesia, mengaktifkan layanan BlackBerry On Demand, dan melanjutkan kenyamanan menggunakan Blackberry.
BlackBerry Connect
Selain menggunakan handset BlackBerry, kamu juga dapat menggunakan handset-handset lain yang memiliki aplikasi BlackBerry Connect (BBC) untuk menggunakan layanan push email dari BlackBerry.
Berbeda dengan handset BlackBerry pada umumnya, handset yang memiliki aplikasi BBC hanya dapat menggunakan layanan push email saja. Layanan data lainnya seperti instant messenger dan browsing tidak tercakup dalam layanan BlackBerry untuk perangkat BBC.
Saat ini, perangkat yang mendukung BBC adalah:
1. HTC (Dopod)
2. Motorola
3. Nokia
4.Palm

Referensi

BlackBerry Itu Mudah, Oleh Dirgayuza Setiawan
This entry was posted in Elektronik and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink

Tidak ada komentar:

Posting Komentar