Kamis, 16 Juni 2011

ciri_ciri komputer laptop bila terkena virus

Custom Search
Web
 
 
 

Ciri-ciri Komputer (Laptop) Bila Terkena Virus

Computer WormAda beberapa ciri yang dapat dipakai sarana meraba-raba apakah komputer kita mengalami gangguan virus. Ciri-cirinya sebagai berikut.

1. Sistem Melambat

Jika sistem komputer kita tiba-tiba melambat (tidak seperti biasanya) secara ekstrem, kita wajib berhati-hati! Bisa jadi komputer kita terkena serangan virus.
Proses awalnya biasanya ditandai dengan melambatnya kinerja komputer. Jadi, jika saat kita bekerja dengan suatu program dan program tersebut berperilaku tidak seperti biasanya, misalnya proses menjadi amat lambat, kita boleh curiga, mungkin komputer terkena Worm.
Contoh lain bila kita bekerja dengan jaringan (network), akses network menjadi sedemikian Iambatnya, tidak seperti biasanya. Ini juga wajib kita perhatikan. Indikasi ini tidak selamanya benar, tapi lumayan dipakai sebagai titik awal kewaspadaan dengan berasumsi bahwa melambatnya kinerja suatu komputer karena virus. Karena kemungkinan tersebut memang ada.
2. Keluar Pesan Aneh
Saat kita bekerja dengan komputer, tiba-tiba muncul pesan aneh yang biasanya tidak pernah muncul. 1ni jelas sekali. Biasanya merupakan indikasi bahwa komputer kita mungkin terkena virus. Contoh pesan-pesan aneh ini beraneka ragamnya. Misalnya muncul pesan tertentu dengan bahasa enggak karuan.
3. Keluar Kejadian Aneh
Kejadian aneh di sini misalnya, saat kita membuka program-program pengatur sistem Windows, seperti msconfig, Task Manager, regedit, tiba-tiba komputer menjadi macet atau malahan melakukan booting ulang. Padahal sebelumnya tidak pernah terjadi keanehan seperti itu.
Atau tampilan desktop tiba-tiba menjadi kacau (misalnya menu Start hilang, Taskbar hilang), atau berubah dengan sendirinya. Keadaan ini dapat kita curigai bahwa virus telah menyusup. Kalau kejadian anehnya, tiba-tiba monitor atau CPU melompat-lompat dengan sendirinya coba hubungi paranormal top seperti Ki Gendeng Pamungkas…
4. Muncul File-File Baru
Gejala lain, tiba-tiba menemukan file-file barn yang tidak pernah ada sebelumnya muncul pada disk. Apakah file itu dalam hentuk execute ataupun teks biasa. Juga dengan nama sembarang ekstension. Misalnya doc, txt, scr, exe, dll, jpg, dan sebagainya. File-file baru yang bermunculan ini, biasanya cukup banyak jumlahnya.
Juga, file-file baru tersebut dalam ukuran yang sama. Ini juga dapat kita tengarai bahwa virus mulai menyusup.
Kebanyakan virus di Indonesia, akan berkamuflase dengan ikon Folder, atau ikon file gambar JPG, atau ikon Word atau XLS.

5. Setting Program Berubah

Contohnya adalah Windows Explorer tiba-tiba kehilangan satu atau dua pilihannya. Misalnya pilihan Folder Options hilang. Pilihan pada menu Start ada yang hilang. lni pun wajib kita curigai bahwa virus mungkin telah meracuni sistem komputer.
Itulah beberapa tanda, yang mungkin dapat dipakai sebagai langkah awal deteksi kehadiran virus pada sistem komputer.
Tapi ingat! Belum tentu dengan munculnya tanda-tanda di atas, komputer pasti terkena virus. Bisa jadi hal itu muncul karena kita telah salah dalam menentukan settingan program atau mungkin karena kita bermain-main dengan settingan registry dengan ngawur.
Referensi
P3k Virus Komputer, Oleh Tri Amperiyanto
This entry was posted in Elektronik and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar