Kamis, 16 Juni 2011

media penyimpanan dan cara memasang hard disk drive

Custom Search
Web
 
 
 

Media Penyimpanan dan Cara Memasang Hard Disk Drive

Memasang Hard diskPengenalan Media Penyimpanan
Media penyimpanan dipakai sebagai tempat penyimpanan program dan data. Dalam dunia komputer, besarnya data dihitung dalam satuan Byte. Byte merupakan satuan ukuran data dalam komputer.
Misalnya sebuah file mp3 dengan durasi 5 menit mempunyai ukuran sekitar 5 MegaByte (MB) atau 5 juta Byte, sedangkan file teks (.TXT) berisi 500 huruf mempunyai ukuran sekitar 0,5 MegaByte (MB) atau 500 KiloByte (KB).
Terdapat tiga jenis teknologi media penyimpanan yang telah dikembangkan, yaitu magnetik, optik, dan memori flash. Teknologi magnetik digunakan pada hard disk dan floppy disk, berupa disk magnet yang berputar.
Dan teknologi optik digunakan pada CD dan DVD, berupa keping disk yang dibaca dan ditulis dengan sinar laser. Mem on flash diterapkan pada kartu memori dan flash disk, berupa chip yang bisa dibaca dan ditulis tanpa perlu perputaran disk.
Memasang Hard Disk Drive ke dalam Casing
1. Sebelum mulai memasang, bukalah hard disk dari kotak pelindungnya.
2. Setelah itu, masukkan hard disk ke dalam casing.
3. Pastikan letak hard disk sudah sesuai dengan tempatnya. Akan lebih balk jika Anda memilih bagian casing yang kosong (paling longgar). Dengan demikian, Anda tidak repot saat memasang kabel-kabel lainnya.
4. Gunakan obeng lalu lakukan penyekrupan. Dengan demikian, hard disk dan casing akan benar-benar terpasang dengan kuat. Sebaiknya gunakan paling sedikit empat buah sekrup. Dua di samping kiri dan dua di samping kanan.
Referensi
SGS : Mudah Merakit Komputer, Oleh Rachmad Hakim S.
This entry was posted in Tips and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar